Info

Bagaimana Cara Terbaik Dalam Mengantisipasi Karang Gigi?

Karang gigi merupakan masalah yang lazim dialami setiap orang. Penyebab munculnya karang gigi adalah penumpukan plak yang menebal dan mengeras pada gigi. Meski begitu, karang gigi perlu diperhatikan agar tidak berlanjut menjadi masalah serius untuk gigi kita. Nah, bagaimana cara kita mengantisipasinya? Yuk, simak tips berikut ini, Shaners!

  1. Sikat Gigi Rutin dengan Teknik yang Benar

Menyikat gigi wajib dilakukan setidaknya dua kali sehari. Kita dapat menghambat karang gigi agar tidak cepat menebal dengan menyikat gigi. Waktu terbaik adalah ketika pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Agar maksimal, sikatlah gigi selama dua menit, tidak kurang dan lebih.

Gunakan sikat gigi dengan ukuran dan bentuk yang sesuai dengan mulut agar dapat menjangkau seluruh area gigi. Jangan lupa juga untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali ketika bulu sikat sudah menipis atau terkoyak.

Perhatikan juga teknik menyikat gigi yang benar. Sikatlah gigi dengan gerakan memutar ke atas dan bawah. Posisikan sikat gigi mengarah 45 derajat terhadap gusi dan digerakkan atas-bawah, depan-belakang hingga menjangkau seluruh permukaan gigi. Oh iya, pastikan untuk menyikat gigi secara halus biar tidak merusak enamel gigi, ya!

  1. Bantu Bersihkan dengan Benang Gigi 

Membersihkan gigi dengan benang khusus gigi alias flossing berfungsi untuk menjangkau kotoran atau plak pada sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Kita dapat melakukan ini setiap setelah menyikat gigi untuk mendapatkan kebersihan gigi yang maksimal.

  1. Memakan Buah-buahan Segar

Shanner’s juga dapat mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan serat dan air, seperti apel, jeruk, melon, dan semangka. Buah-buahan berserat dan berair merupakan salah satu cara yang membantu menurunkan kotoran pada gigi secara efektif.

  1. Mencuci Mulut Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur menjadi langkah praktis yang dapat mengangkat sisa kotoran dan plak pada gigi. Selain itu, rajin berkumur dengan obat kumur akan memberikan aroma segar pada napas. Shanner’s juga bisa semakin percaya diri dalam berbicara dengan nafas segar setelah berkumur dengan obat kumur.

  1. Menghentikan dan Menghindari Merokok

Selain tidak bagus untuk kesehatan pernafasan, rokok mengandung zat kimia yang dapat memicu masalah kesehatan pada area gigi dan mulut, termasuk terbentuknya karang gigi berwarna hitam. Tidak mau kan gigi kita terlihat jelek akibat kebiasaan merokok?

  1. Rutin Meminum Air Putih

Air putih yang rutin diminum dapat melembabkan rongga mulut kita, loh. Rongga mulut yang lembab dapat menjaga kebersihan gigi dari sisa makanan dan plak. Minum air putih setelah makan juga akan membantu membilas sisa-sisa makanan yang kemungkinan besar menempel pada gigi sehingga mencegah terjadinya plak. Air putih juga membantu menyeimbangkan zat mineral pada rongga mulut untuk mencegah gigi berlubang akibat karang gigi.

  1. Meningkatkan Vitamin C

Vitamin C memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh, termasuk menjaga kebersihan gigi serta kesehatan gusi, ligamen, dan tulang alveolar pada gigi. Pembersihan karang gigi dapat dimulai dari memiliki gigi bersih dan sehat. Kita dapat memperbanyak konsumsi vitamin C mulai dari mengonsumsi buah-buahan sampai memakan suplemen kesehatan yang mengandung vitamin C.

  1. Scalling Gigi ke Dokter Gigi Terpercaya

Tentu saja cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras adalah scaling gigi. Prosedur ini hanya bisa dilakukan bersama dokter yang telah andal dalam melakukannya. Scaling gigi dilakukan menggunakan alat ultrasonic scaler yang berfungsi merontokkan karang gigi pada sela gigi dan garis gusi.

Scalling gigi bisa dilakukan secara rutin setidaknya setiap 6 bulan sekali. Kita dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu bagaimana prosedur scalling gigi ini dilakukan. Nah, untuk mendapatkan scalling gigi bersama dokter terpercaya, Shanner’s dapat mengunjungi Shan Dental Care Inpres dan Condet. Apalagi, ada promo spesial juga, loh! Yuk, reservasi sekarang juga di sini untuk mendapatkan perawatan gigi secara aman dan nyaman di Shan Dental Care!

Share info!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *