Info

Warna Gigi Menghitam, Kok Bisa?

Kita sudah mengetahui secara umum bahwa gigi yang sehat memiliki warna putih, tepatnya putih gading. Warna tersebut berasal dari kalsium pada enamel gigi. Hanya saja, enamel yang berfungsi sebagai pelindung gigi itu dapat menipis dan rusak bila tidak dirawat dengan baik. Bisa terjadi seperti itu, lapisan dentin yang ada di bawah lapisan enamel menjadi terlihat dan membuat gigi tampak lebih gelap atau menghitam.

Gigi yang menghitam tentu saja menandakan adanya masalah dan tak boleh diabaikan. Menghitamnya gigi disebabkan oleh perawatan gigi yang tidak baik dan masalah medis. Beberapa faktor penyebab gigi menghitam adalah sebagai berikut.

  1. Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu secara berlebihan

Beberapa minuman dapat membuat warna gigi kehitaman bila dikonsumsi berlebihan, yaitu kopi dan teh. Zat dari kedua minuman tersebut dapat meninggalkan noda pada gigi, apalagi jika tidak dibersihkan dengan menyikat gigi. Makanan dan minuman lainnya yang berpengaruh pada gigi antara lain minuman berakohol, minuman soda, makanan bertepung seperti kue, makanan manis, dan masih banyak lagi. Sebagai solusi, kita dapat mengonsumsi makanan bergizi seimbang, seperti buah dan sayuran.

  1. Merokok

Selain tidak sehat untuk kesehatan pernafasan, merokok juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Rokok mengandung nikotin dan tar yang dapat membuat gigi menguning bahkan menghitam akibat noda yang ditinggalkan. Noda tersebut semakin parah bila kebiasaan merokok ini dibiarkan hingga bertahun-tahun. Untuk itu, kita dapat menghentikan kebiasaan merokok agar gigi kembali lebih bersih dan kesehatan terjaga.

  1. Efek samping obat

Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat memengaruhi warna gigi dan gusi. Obat-obatan tersebut di antaranya adalah antibiotik, antihistamin, antipsikotik, dan obat hipertensi. Ada baiknya kita turut berkonsultasi pada dokter mengenai penggunaan obat ini dan pengaruhnya pada warna gigi.

  1. Karies gigi atau gigi berlubang

Karies gigi bisa terjadi akibat kurangnya merawat gigi seperti menyikat gigi dua kali sehari. Akibatnya, kuman dan bakteri dapat bertumbuh pada mulut dan menghasilkan asam yang bisa menggerogoti gigi sehingga berlubang. Gigi pun akan tampak lebih hitam dan bila tidak ditangani, bisa-bisa gigi menjadi rusak dan tanggal. Hiii!

Gigi yang menghitam tentu saja dapat diatasi dengan memulai kebiasan baik merawat gigi. Shanner’s bisa memulainnya dengan rutin menyikat gigi pagi dan malam hari. Kebiasaan flossing gigi juga bisa dilakukan. Lebih lanjut lagi, Shanner’s disarankan untuk melakukan perawatan ke dokter gigi agar mendapatkan gigi yang lebih cerah. Perawatan tersebut bisa berupa pembersihan gigi dengan scalling gigi, hingga pemutihan gigi dengan bleaching gigi. Semua perawatan gigi yang aman dan lengkap itu bisa didapatkan di Shan Dental Care Inpres dan Shan Dental Care Condet. Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi, Shanner’s bisa klik di sini. Yuk, dapatkan gigi yang lebih putih, bersih, dan sehat bersama Shan Dental Care!

Share info!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *