Info

Hal Penting Mengenai Penggunaan Gigi Palsu

Shanner’s pernah melihat tayangan televisi atau video lucu, di mana seseorang yang ada dalam tayangan sedang mengobrol atau tertawa lalu giginya terlepas secara tiba-tiba? Atau bahkan pernah melihatnya secara langsung? Jika iya, berarti gigi yang terdapat pada orang tersebut kemungkinan besar merupakan gigi palsu.

Tidak hanya cinta, gigi pun bisa palsu. Gigi palsu atau denture merupakan sebuah alat bantu yang menyerupai gigi asli. Fungsinya adalah untuk menggantikan peran gigi asli yang tanggal dan jaringan gusi yang ada di sekelilingnya. Gigi palsu digunakan oleh seseorang untuk mengatasi keluhan akibat adanya gigi yang tanggal. Keluhan tersebut bisa berupa gangguan makan, gangguan berbicara, hingga rasa percaya diri yang menurun.

Penggunaan gigi palsu biasanya dibutuhkan oleh orang lanjut usia, yang notabene berusia 60 tahun ke atas. Lansia memiliki kemungkinan besar untuk kehilangan giginya. Meski begitu, gigi palsu tidak hanya dibutuhkan oleh lansia, tetapi juga oleh orang dewasa bahkan anak-anak yang memiliki kondisi khusus pada giginya.

Gigi palsu secara garis besar dibagi ke dalam dua jenis, yaitu gigi palsu permanen dan gigi palsu sementara yang dapat dilepas pasang. Lebih lanjut lagi, gigi palsu lepas pasang dibagi kembali ke dalam dua jenis, yaitu gigi palsu lengkap dan gigi palsu sebagian. Gigi palsu lengkap berfungsi untuk mengganti keseluruhan gigi seseorang, mulai dari gigi atas sampai gigi bawah. Selanjutnya, gigi palsu sebagian berfungsi untuk mengganti satu atau beberapa komponen gigi yang hilang. Pemilihan jenis gigi palsu tersebut dapat dipilih tergantung pada kondisi orang yang membutuhkannya.

Gigi palsu sebagian ditujukan untuk seseorang yang mengalami satu atau beberapa giginya hilang, tetapi masih terdapat sejumlah gigi tetap yang sehat di rahang bagian atas atau bawah. Gigi palsu ini dikaitkan ke gigi tetap yang sehat menggunakan pengait berbahan logam. Biasanya, gigi palsu akan tampak seperti gigi asli dan berbaur dengan gigi tetap lainnya.

Gigi palsu lengkap ditujukan untuk seseorang dengan gigi yang bermasalah sehingga semua gigi bagian atas atau bawah perlu dicabut. Gigi palsu ini juga dapat menggantikan gigi palsu yang sudah lama dipakai. Gigi palsu lengkap dapat dipasang segera setelah gigi asli dicabut. Penggunaan lem khusus untuk menempelkan gigi palsu ke rongga mulut dapat dilakukan. Jika diperlukan lem ini berguna untuk menjaga kestabilan posisi gigi palsu saat digunakan seperti menggigit, serta membantu gigi palsu lebih menempel. Lem dapat dioleskan secara merata ke seluruh permukaan gigi palsu, dan dapat ditambahkan lagi secara bertahap sampai gigi palsu menempel sempurna.

Penggunaan gigi palsu tentu saja membutuhkan konsultasi dan diagnosis lebih lanjut dengan dokter gigi. Untuk itu, Shanner’s dapat langsung berkunjung ke Shan Dental Care Inpres dan Shan Dental Care Condet. Tidak perlu ragu! Dokter gigi di Shan Dental Care pasti akan memberikan pelayanan terbaik dan aman untuk Shanner’s. Langsung saja, reservasi di sini sekarang juga!

Share info!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *