Info

Kebiasaan Saat Makan Yang Justru Dapat Merusak Gigi

Siapa di sini yang suka kulineran? Mencoba berbagai menu makanan yang ada di sekeliling kita memanglah asik. Apalagi kalau makanan yang disantap sangatlah enak. Yummy! Meski begitu, jangan sampai kegiatan makan kita malah membuat gigi menjadi rusak. Kalau sampai gigi bermasalah, makan-makan yang harusnya nikmat justru jadi tidak enak.

Shanner’s yang memiliki hobi kulineran bisa saja memakan hidangan apa saja. Namun di balik itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar gigi kita tetap terawat dan tidak menjadi rusak. Kali ini, minshan bakal kasih tahu sejumlah kebiasaan saat makan yang dapat merusak gigi kita. Catat ya!

  1. Menggigit es batu

Siapa nih yang punya kebiasaan mengemut bahkan menggigit es batu? Ternyata, menggigit es batu berisiko merusak lapisan email pada gigi. Temperaturnya yang dingin dan teksturnya yang keras dapat menimbulkan perbedaan suhu ekstrem pada gigi bila digigit langsung. Gigi pun bisa mengalami tumbukan keras yang dapat mengakibatkan retakan kecil pada lapisan luarnya.

Minuman dingin memang nikmat. Namun kita tetap perlu memperhatikan kesehatan gigi, ya. Sebagai tips, Shanner’s dapat memesan minuman dingin dari lemari es dan tidak menggunakan es batu. Namun kalau memang minuman yang dipesan menggunakan es batu, tidak perlu digigit, ya!

  1. Menggunakan cuka terlalu banyak

Makan bakso atau pempek menggunakan cuka sungguhlah nikmat. Namun di balik itu, perlu diketahui bahwa cuka bersifat asam. Kuah yang terasa asam memang lezat, tapi itu dapat menyebabkan pengikisan lapisan email pada gigi. Gigi juga bisa menjadi sensitif. Hal ini dikarenakan lapisan yang berada di bawah email yang terkikis mengalami kontak langsung dengan makanan atau minuman.

Tips dari minshan adalah gunakan kuah yang tidak terlalu banyak ke dalam mangkuk makanan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi terkikisnya email gigi akibat kandungan asam makanan. Di samping itu, minum air mineral secara rutin untuk membantu membersihkan gigi dari zat asam makanan.

  1. Makanan panas disandingkan dengan minuman dingin

Memakan semangkuk soto hangat beserta segelas es jeruk memang pas dan sangat nikmat. Namun di balik itu, Perubahan suhu yang ekstrem pada permukaan gigi bisa terjadi akibat kebiasaan makan seperti itu. Bila dilakukan terus menerus, hal itu dapat menyebabkan keretakan pada email gigi.

Alangkah baiknya kita menghindari meminum minuman dingin setelah menyantap makanan panas. Selain itu, makanan yang masih panas lebih baik dibiarkan terlebih dahulu hingga suhunya sedikit turun untuk menghindari suhu yang terlalu ekstrim. Setelah dirasa cukup hangat, mari kita makan!

  1. Membuka Bungkus Makanan menggunakan Gigi

Bukalah bungkus makanan menggunakan tangan atau dengan bantuan gunting. Membuka kemasan makanan dengan gigi justru dapat menimbulkan tekanan kuat pada gigi, terutama pada bagian depan. Hal tersebut dapat mengakibatkan keretakan kecil pada permukaan gigi.

Kuliner nikmat akan menjadi tidak nikmat kalau gigi kita sakit. Maka dari itu, perhatikan bagaimana cara dan pola makan kita, ya! Shanner’s juga harus rutin menjaga kesehatan gigi setiap harinya serta memeriksa ke dokter gigi. Shanner’s dapat mengunjungi Shan Dental Care Inpres dan Shan Dental Care Condet untuk berkonsultasi secara langsung bersama dokter gigi. Setelah gigi sehat, bisa terus kulineran deh! Yuk, reservasi sekarang juga di sini!

Share info!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *