Info

Kesehatan Gigi Tetap Harus Dijaga Saat Berpuasa! Berikut Tipsnya

Bulan suci Ramadan menjadi momentum yang ditunggu-tunggu bagi umat muslim sedunia. Hal utama yang dilakukan ketika bulan Ramadan adalah berpuasa, di mana umat muslim menahan diri dari hawa nafsu serta menahan lapar dan haus sejak azan Subuh hingga azan Maghrib. Seseorang yang berpuasa tidak akan makan dan minum selama lebih dari 13 jam.

Kita tetap harus menjaga kesehatan saat menjalankan ibadah puasa, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Terlebih pada saat berpuasa, mulut bisa menjadi terasa kering karena tidak ada aktivitas makan dan minum. Hal tersebut memiliki potensi tumbuhnya kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan kerusakan dan masalah kesehatan gigi lainnya. Masalah yang timbul adalah mulai dari bau mulut sampai adanya komplikasi penyakit yang lebih parah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan diperhatikan setiap hari selama kita akan menjalankan ibadah puasa. Yuk, kita simak tips berikut ini!

1. Tetap menyikat gigi 2 kali sehari
Shanner’s tetap dapat menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu saat setelah sahur sebelum imsak dan sesaat sebelum tidur di malam hari. Sikat gigi penting untuk menghilangkan sisa makanan yang dapat menumpuk dan menjadi plak. Terlebih lagi bila tidak menyikat gigi, plak tersebut dapat menjadi sarang bakteri serta menimbulkan bau mulut. Saat berpuasa, bukan berarti kita berpuasa menyikat gigi juga ya!

2. Membersihkan bagian lidah
Sama seperti gigi, lidah juga perlu untuk dibersihkan. Plak turut menempel pada permukaan lidah yang disebabkan campuran liur dan bakteri di mulut. Shanner’s dapat membersihkan lidah dengan alat khusus pembersih lidah. Lakukan setiap selesai menyikat gigi selama dua kali sehari, ya!

3. Gunakan pasta gigi yang mengandung Fluoride
Fluoride sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi, karena dapat memperkuat dan menjaga lapisan enamel gigi. Fluoride sendiri merupakan unsur alami yang dapat ditemukan pada makanan dan minuman yang diserap oleh tubuh. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluride setiap menyikat gigi.

4. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi
Seringkali terdapat plak yang berada di sela-sela gigi dan cukup sulit dibersihkan hanya dengan menyikat gigi. Untuk itu, kita dapat menggunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkannya setiap selesai menyikat gigi. Dengan membersihkan sela-sela gigi, kita dapat mengurangi risiko bau mulut dan infeksi gigi.

5. Hindari makanan dan minuman manis saat sahur
Makanan dan minuman manis yang mengandung asam ketika dikonsumsi dapat menyebabkan kerusakan gigi. Maka dari itu, hindari atau batasi konsumsi panganan manis saat sahur, terlebih kita akan berpuasa selama lebih 13 jam. Selain itu, perhatikan juga konsumsi makanan dan minuman manis ketika berbuka puasa.

6. Bila perlu, gunakanlah obat kumur
Shanner’s dapat menggunakan obat kumur non-alkohol setelah menyikat gigi untuk menjamin kebersihan gigi dan mulut, serta menambah kesegaran selama berpuasa. Gunakan obat kumur pada saat sahur dan setelah berbuka puasa.

Ibadah puasa yang baik tentu saja harus diiringi dengan kesehatan diri yang baik pula. Maka dari itu, kebersihan dan kesehatan gigi tetap harus diperhatikan selama berpuasa. Tips-tips di atas dapat diaplikasikan setiap harinya untuk menjaga kesehatan gigi kita. Selain itu, Shanner’s juga dapat memeriksa kesehatan gigi di Shan Dental Care Condet dan Shan Dental Care Inpres. Untuk reservasi, silakan klik di sini, ya!

Share info!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *