Info

Sakit Gigi Tiba-tiba Muncul, Hilangkan dengan cara ini!

Sakit gigi bisa saja muncul secara tiba-tiba ketika kita sedang beraktivitas sehari-hari. Saat muncul, sakit gigi bisa saja terasa begitu menyakitkan. Hal ini disebabkan oleh adanya gangguan pada saraf gigi, yang merupakan salah satu saraf paling sensitif dalam tubuh. Beberapa penyebab sakit gigi adalah masalah gigi berlubang dan radang gusi.

Penyebab sakit gigi muncul tiba-tiba adalah ketika penyakit gigi sudah mencapai tahap infeksi terhadap saraf gigi. Rasa tidak nyaman dan menyakitkan akan dirasakan ketika sakit gigi menyerang, sehingga aktivitas pun dapat terganggu. Untuk itu, perlu penanganan cepat agar sakit gigi bisa mereda hingga menghilang. Apa saja yang bisa dilakukan?

Kita perlu mengenal terlebih dahulu apa penyebab sakit gigi muncul secara tiba-tiba. Sakit gigi yang dirasakan oleh seseorang biasanya berupa rasa “nyut-nyutan”, akibat adanya proses pembusukan gigi. Pembusukan ini biasanya disebabkan oleh gigi yang terkikis alias berlubang. Selain itu, sakit gigi juga bisa disebabkan oleh penyakit gusi atau periodontal dan tambalan gigi yang rusak.

Ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk meredakan sakit gigi yang datang mendadak. Cara-caranya adalah sebagai berikut.

  1. Kompres air dingin

Gunakan kantong es atau kain dingin sebagai kompres pada pipi di area sekitar gigi yang sakit, sehingga nyeri mereda merasa lebih nyaman.

  1. Larutan garam

Garam dapat digunakan sebagai disinfektan alami yang bisa meredakan pembengkakan sekaligus membersihkan sisa makanan pada sela-sela gigi. Larutkan satu sendok garam ke dalam air hangat dan berkumur dengan larutan tersebut.

  1. Mengoleskan minyak cengkeh

Dengan kandungan antiseptik alami dalam cengkeh berupa eugenol, minyak cengkeh dapat digunakan dengan cara mengoleskannya ke gigi yang sakit.

  1. Mengunyah bawang

Redakan nyeri pada gigi dengan cara mengunyah bawang putih atau bawang merah yang telah dihaluskan ke area yang sakit. Bawang memiliki kandungan alisin yang merupakan antibakteri alami.

  1. Menggunakan kunyit

Kunyit juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Gunakan kunyit dengan cara mencampurkan bubuk kunyit dengan air atau madu hingga kental, lalu oleskan ke bagian gigi yang sakit.

Ada lagi cara lain yang sebetulnya bisa dilakukan untuk meredakan nyeri pada gigi, yaitu menggunakan obat pereda nyeri yang bisa didapatkan di apotek. Hal yang perlu diingat adalah nyeri gigi ada baiknya untuk segera ditangani, terutama untuk penderita gigi berlubang. Walau tidak selalu menimbulkan sakit, gigi berlubang yang sudah mencapai tahap infeksi terhadap saraf gigi, bisa menimbulkan sakit gigi yang luar biasa.

Ada baiknya juga untuk langsung memeriksa kondisi gigi yang sakit kepada dokter gigi untuk menghindari sakit gigi yang lebih parah. Dokter gigi akan mendiagnosis dan memberikan penanganan secara tepat untuk masalah gigi yang dialami. Untuk itu, Shanners bisa menghubungi Shan Dental Care Inpres dan Shan Dental Care Condet untuk berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan reservasi jadwal pemeriksaan. Reservasi juga bisa dilakukan di sini.

Share info!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *